Minggu, 18 November 2007

The Best Webcam Hosting

Webcam hosting adalah service yang disediakan oleh suatu provider untuk menyimpan webcam kita di internet (dalam satu alamat url). Service ini bisa kita gunakan untuk surveillance juga.
Lumayan cukup susah untuk mencari layana seperti ini di internet, apalagi yang free of charge. Pertama search gw hampir putus asa, tetapi seiring dengan tekad dan pencerahan sedikit demi sedikit, akhirnya gw menemukan beberapa alamat:

  1. http://mycampage.com/

  2. Untuk yang satu ini lumayan untuk coba-coba, cara instalasinya cukup mudah dan webcam kita bisa langsung dilihat semua orang di internet. Hal ini bisa menjadi kelemahan atau nilai tambah. Ada kalanya kita gak mau webcam kita dilihat oleh semua orang, nah hosting disini webcam kita yang kita broadcast dari komputer kita bisa dilihat oleh siapa saja tanpa login terlebih dahulu.

    Untuk Spesifikasi softwarenya, kita hanya perlu mendownload program kecil, yang namanya Webcam Plus dan kita registrasi di http://mycampage.com/ untuk mendapatkan alamat hosting kita.

    Sejauh ini, hasil test dari provider ini masih cukup dapat diterima. Image yang di tampilkan mempunyai refresh rate 1 fps. Jadi jangan terlalu berharap banyak dengan streaming yang di hasilkan.

    Kelemahan yang paling besar adalah untuk aplikasi client yang di pasang di webcam server, aplikasi itu memerlukan koneksi yang cukup intense dan memakan bandwidth yang cukup gede, hal ini ketauan ketika secara simultan kita browse internet, kecepatannya bener-bener menurun. Dengan catatan koneksi internet yang di pake adalah 512mbps dari telkom speedy.

  3. http://live-stream.net/

  4. So far, web ini paling bagus yang gw temuin (ya.. gw nemunya cuman 2), fasilitasnya lengkap, bisa lihat multi cam, mempunyai dashboard/panel/pengendali kamera jarak jauh. Walaupun yang bisa kita kendalikan hanya jalan/tidak cam yang ada di rumah. Bandwidth yang dipakai juga tidak terlalu signifikan, tidak terlalu mengganggu browsing internet yang kita lakukan.

    Untuk aplikasi client cukup bagus, karena tidak memakan resource CPU dan internet yang banyak. secara default streaming yang dilakukan di-set 30fps dan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, tapi setelah kita bayar (damn!). begitu juga ketajaman gambar ada pengaturnya. Secara sekilas emang provider ini menjanjikan fasilitas yang akan kita butuhkan. Tapi, terus terang, gw ragu apakah fasilitas freenya ini ada tenggang waktu (dalam hari) atau tidak. Ya.. kalo cuman 3 hari, paling tinggal nyari lagi, mudah-mudahan ada yang lebih bagus... bukan begitu bukan??!!

Tidak ada komentar: