Sabtu, 17 November 2007

Home Surveillance Webcam #3 - Memulai dengan Skype

Bagian terpenting dan sekaligus menarik dalam home surveillance ini adalah melakukan remote monitoring. Bagaimana tidak, coba bayangin gw bisa melihat anak gw dari jarak puluhan kilo meter, life, detik itu juga! Dia lagi di gendong sama si mba, lagi main sama si Buggy (baby walker dia), lagi pipis -sorry :D- dan lagi apupun dia. Jadi, kita gak bisa diboongin sama suster atau pembantu yang merawat anak kita, tapi jangan juga jadi teror buat meraka (pembantu/suster).

Oke, kita mulai..

Remote monitoring ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, tapi sebelumnya kita harus lihat dulu, bagaimana koneksi komputer rumah (yang dijadikan server surveillance) dengan komputer yang kita gunakan untuk memonitor.
Kita ambil gampangnya bahwa komputer di rumah dan di kantor terhubung dengan internet dua-duanya. Kalau hal ini bisa dilakukan, berarti kita mempunyai keadaan yang sedikit mempermudah. Tapi, bagi yang tidak mempunyai koneksi internet di rumahnya atau di kantor, jangan khawatir, kita share hal itu lain waktu. Ingat! kita bukan hidup di jaman batu, kita hidup di jaman teknologi (man :D). Masa masalah gak ada internet aja menghalangi kreatifitas kita :D.

Dan perlu gw tekankan disini, pada bagian ini dan seterusnya, kita gak perlu mengeluarkan biaya. Untuk program yang kita pakai, gw usahain gak perlu mengeluarkan uang, kalau setuju! berarti kita ada di pihak yang sama, kita lakukan ini dengan tekad.. TIDAK MENGURANGI UANG MAKAN!! :))
eh, tapi ada kecualinya. Kecuali untuk koneksi internet!! susah man untuk yang satu ini, susah diakalinnya.

Yang pertama akan kita coba adalah skype. Kalau ada yang baru denger tentang ini, jangan khawatir, Anda belum ketinggalan.

Skype adalah salah satu program paling handal untuk streaming audio-video, hasil analisa yang masih mendangkal dari gw, Skype menggunakan teknik kompresi yang sangat bagus, sehingga life streaming bisa bener-bener dirasakan. Gambar yang ditampilkan tidak tersendat. Tapi harap diingat, Skype ini bukan software untuk surveillance, tapi untuk chating.
Dan satu lagi, seperti yang gw janjikan sebelumnya. Program ini GRATIS, Anda bisa pakai sepuasnya tanpa dipungut biaya sepeserpun. Kalau Anda mau sedikit meluangkan waktu ada beberapa program yang hampir sama seperti Skype, tapi ada yang memungut biaya ataupun fasilitasnya tidak sesuai untuk surveillance yang kita maksud.

Let's see what Skype can do for us..

Untuk menggunakan Skype kita harus men-downloadnya dulu di website-nya dia. Klik aja di link Download
Selanjutnya akan ada keterangan gimana cara mendownload dan menginstall-nya. Tidak terlalu rumit, asal hati-hati aja, jangan gerudak-geruduk nginstalnya. Setelah instalasi berhasil, akan disuruh untuk membuat akun baru. Kalau belum punya akunnya, ikuti saja sampai program Skype ini terinstall dan jalan di komputer Anda.

Yang harus diingat disini adalah: kita harus menginstall Skype ini di dua komputer, yaitu komputer server-nya di rumah dan komputer buat monitoring di kantor. Dan juga kita harus mempunyai dua akun yang berbeda untuk masing-masing Skype yang terinstall itu, supaya dua-duanya bisa jalan secara bersamaan.
Tahapan yang jangan dilupakan adalah setting Skype di kumputer rumah untuk otomatis menerima panggilan dan otomatis mengirimkan gambar ketika panggilan dilakukan. Karena default-nya, kalau ada panggilan Skype akan memunculkan dialog konfirmasi apakah panggilan itu di Accept, atau Reject. Dan Skype juga tidak langsung memunculkan video, harus di klik dulu "Start my video" untuk dapat melakukan streaming video.
Setting-nya bisa dilakukan dengan memilih menu Tools -> Option di main menu sebelah atas program Skype.
Di tab General, pilih "Video Settings". Aktifkan (beri tanda check) pada "Enable Skype Video" dan "Start my video automatically when I am in call"

Dan di tab "Calls" pilih "only people in my Contact List" supaya tidak sembarang orang bisa melihat isi rumah kita. Dan aktifkan tanda check di "Automatic answer incoming call"
Nah.. Setelah semua itu dilakukan, silahkan panggil id Skype yang ada di rumah dari Skype di kantor. Hasilnya.. bagi gw dengan kecepatan internet di rumah dan dikantor yang lumayan, sangat memuaskan.

Tidak ada komentar: