Kamis, 15 November 2007

Home Surveillance Webcam #1


In recent week, gw lagi mengerjakan self project tentang home surveillance webcam. Inti dari project ini adalah memantau rumah dari kantor. Status sekarang sudah dalam state berhasil, kalau dalam persentase boleh dibilang melebihi 50%. Dalam arti, gw sudah bisa melakukan surveillance tersebut. Surveillance tersebut bisa dilakukan dengan dua cara:
  1. Life streaming dengan skype
  2. Life streaming dengan mycampage.com (salah satu produk dari earthcam.com)

Masing-masing cara diatas ada baik-buruknya, tapi yang paling gw suka adalah pake skype. Untuk konfigurasi detil dan bahasan mengenai aplikasi dari project ini, mungkin dalam posting berikutnya.


Project Time line
Project ini diawali dengan gathering barang-barang yang dibutuhkan. Dengan tidak meninggalkan inti project ini barang-barang tersebut gw beli satu-persatu, dicicil kalau bahasa kerennya.

  1. Komputer

  2. Sebuah project, terutama mengenai project system, pasti mempunyai jantung yang akan menghidupkan semua. Nah! dalam project ini jantunngnya adalah komputer, secara teori sebenernya banyak hardware-hardware lain yang bisa dipakai, yang dedicated untuk surveillance system tapi sesuai dengan realibilitynya, akan memakan biaya yang sangat tinggi -untuk ukuran self project yang didanai dari kantong makan dan ongkos ke kantor :D.

    Karna itu, gw gunakan komputer (sesuai dengan bidang gw) untuk dijadikan jantung dari sistem ini, dengan alasan komputer bisa kita jadikan apa saja (yes! i mean everything) dari alat hiburan, alat nyari duit, alat nyari pacar, alat untuk beribadah sampai alat untuk ... (harap diisi sendiri). Untuk lebih lanjut tentang penggunaan komputer ini akan dibahas waktu implementasi project.

    Harga dari komputer ini bisa disesuaikan dengan budget masing-masing. Kalo gw, kebetulan dirumah udah ada desktop yang dibeli second dan dicicil tanpa bunga dari temen gw /*thanks to botax*/. Spesifikasinya lumayan, malahan kalau untuk project ini aja boleh dibilang sangat memadai, speknya bisa dilihat disini:

    Spek diatas bukan referensi, tapi hanya ilustrasi.

  3. Webcam

  4. Webcam yang gw beli adalah webcam paling murah yang bisa gw dapet, dan semuanya menggunakan usb sebagai output ke komputernya. Dari tiga webcam itu dibagi jadi dua jenis yang berbeda, yaitu satu webcam dengan integrated mic dan dua webcam tanpa mic -yang tanpa mic ini terusterang gw ketipu, karena tampilannya sama dengan yang ada mic, gw kira barangnya sama ternyata beda banget dan gw beli dg harga yang sama :( -
    Ketiga webcam itu masing-masing gw tempatin di Ruangan tengah, Dapur kering di dalam rumah dan di ruangan depan kamar utama.





    Harga dari webcam ini adalah Rp. 80.000,- for each, gw yakin yang lain bisa dapet lebih murah terutama yang dua yang gw sebutkan diatas :P.

  5. USB Cable & HUB

  6. Last but not least, yaitu pengkabelan. Yang menghubungkan webcam dengan komputer. Kebetulan webcam yang banyak beredar sekarang yaitu webcam yang menggunakan USB, maka tanpa mikir panjang gw memilihnya sebagai pemenang dari kandidat-kandidat lain yang ada (berbasis UTP Cable dan Wireless LAN).

    Waktu merancang, permasalahan panjang kabel sempat menjadi perdebatan dalam batin, yang terlintas dalam benak gw: "sampai sepanjang apakan kabel USB bisa digunakan untuk webcam?" dan ternyata gw behasil sama mbah google yang sering kita namakan "googling". Ternyata menurut mbah google kabel usb itu bisa digunakan sampai 30 meter tanpa repeater/penguat, tetapi setelah gw coba dengan spesifikasi kamera gw dan port hub yang ada, ternyata kamera dengan langsung kabel USB sepanjang 5 meter yang connect langsung ke komputer gak bisa jalan (Komputer - Kabel USB 5m - Webcam). Termasuk ditengahnya disambung dengan HUB (Komputer - Kabel USB5m - HUB - Webcam).

    Konfigurasi yang berhasil adalah HUB USB itu ditempatkan setelah komputer, baru kabel 5m disambungkan ke HUB itu dan masih disambung lagi dengan kabel USB 1.5m, terakhir baru disambungkan ke webcam. Dan hasilnya... tadaa.. si webcam bisa keterima di apliasinya VP-EYE. Jadi konfigurasi yang jalan adalah: Komputer - HUB USB - Kabel 5m - Kabel 1.5m - Webcam.

    Harga dari HUB USB sendiri adalah Rp. 60.000, kabel USB 5m adalah Rp. 30.000 dan kabel USB 1.5m adalah 10.000.

2 komentar:

Bayu Waseso mengatakan...

Mantap...ini dijadikan sampingan job bisa nih. Masangin home surveillance di rumah-rumah.

SATRIA120ERS mengatakan...

wah telat banget nih gw, pengen juga nih kek gini, tapi gw kok binun itu jadi 3 kamera? brarti 3 user ID di skypenya yg di rumah atau gimana? terus monitoringnya masing² gimana?
3 kamera itu merek sama? bisa ke detect masing² ya di PC rumahnya? maksudnya bisa berfungsi bersamaan gituh...?

makasih, mohon pencerahan lebih lanjut...:D